Selasa, 18 Juni 2019     Travel & Wisata / Bisnis & Jasa
SUMATERA BARAT, PEMENANG WISATA HALAL TAHUN 2017

Tuntutan pasar wisata mengharuskan semua pelaku wisata mampu meng-grab semua pasar dan mengatasi semua kendala.

Apa yang dimaksud dengan wisata halal Sumatera Barat?

Persoalan wisata halal menjadi fenomena baru di dalam dunia pariwisata dewasa ini.  Respon terhadap isu ini bervariasi, tergantung pada tingkat kesehatan jiwa seseorang dan tingkat ilmu dan pemahaman seseorang terhadap eksistensi wisata halal tersebut.

Yang dimaksud dengan wisata halal Sumatera Barat merupakan bagian dari industri pariwisata yang memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan bagi wisatawan Muslim sesuai dengan aturan-aturan Islam. Kebutuhan itu antara lain: Hotel yang tidak menyediakan makanan dan minumam yang tidak halal, Kolam renang yang terpisah antara laki-laki dan wanita, Rumah makan bersertifikat halal, Tersedia masjid/mushola dan lainnya, sehingga paket tour bukittinggi akan menjadi idola bagi wisatawan muslim dari semua negara.

Selama ini banyak wisatawan muslim dari Timur Tengah khususnya yang tidak bersedia melancong ke negara-negara non-muslim seperti Jepang, Korea, Cina dan negara lain berkaitan dengan kekhawatiran  mereka tentang tidak tersedianya fasilitas yang halal termasuk makanan halal, air bersih yang layak untuk bersuci, mushalla dan fasilitas lainnya, padahal secara ekonomi mereka sangat mampu untuk menjelajah negara-negara non-muslim tersebut termasuk keinginan mereka untuk meng-eksplorasi potensi wisata di negeri tersebut.

Oleh para pemikir pariwisata, hal ini dijadikan ide untuk mengkaji bagaimana cara agar wisatawan dari negara-negara muslim ini dapat berwisata dengan nyaman di negara-negara non-muslim. Jawabnya sangat mudah, yaitu dengan mem-fasilitasi wisatawan muslim semua hal yang mereka butuhkan sesuai dengan ajaran agama  Islam. Mereka sadar bahwa dengan memberikan layanan seperti itu, tidak serta merta mereka menjadi muslim, sehingga ada gerakan untuk itu. Saat ini Jepang dan Korea menjadi negara berpenduduk non-muslim yang paling nyaman bagi wisatawan muslim.

Demikian halnya di Indonesia, penerapan wisata halal telah berjalan. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pariwisata telah men-sosialisasikan implementasi wisata halal di seluruh Indonesia. Hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa Sumatera Barat keluar sebagai juara pada tahun 2016, salah satunya adalah maksimalnya program wisata islami pada bukittinggi city tour. Kondisi ini tentu saja mendongkrak paket wisata bukittinggi semakin berkibar dalam kancah pariwisata nusantara sebagai bagian dari paket tour padang.

Kita berharap semoga ke depan implementasi wisata halal akan terus meningkat di Indonesia sehingga memacu tumbuh dan majunya Pariwisata Indonesia sekaligus tumbuhnya kenyamanan bagi umat Islam yang ingin berwisata ke daerah-daerah yang didominasi oleh masyarakat non-muslim seperti misalnya Bali, Manado, Papua dan lain-lain.

Nama Lengkap

Amri Munthe

Jenis

Dijual

Kondisi

Baru

Handphone

08126016610

Perusahaan

PT. Aurora Wisata Internusa

Telp/Fax

+62617853322 / +62617853311

Alamat

Jl. Pasar Senen No. 9 Kel. Kampung Baru, Kec. Medan Maimun

20158 Kota Medan - Sumatera Utara

Harga

IDR 5 /Unit

Selasa, 18 Juni 2019     Travel & Wisata / Travel & Wisata
Senin, 17 Juni 2019     Agribisnis
Minggu, 16 Juni 2019     Travel & Wisata